<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\0751437330264533934407\46blogName\75Mancing+Lomba\46publishMode\75PUBLISH_MODE_BLOGSPOT\46navbarType\75BLUE\46layoutType\75CLASSIC\46searchRoot\75http://mancinglomba.blogspot.com/search\46blogLocale\75in\46v\0752\46homepageUrl\75http://mancinglomba.blogspot.com/\46vt\0752652374509606581418', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Minggu, 06 Juni 2010


SETENGAH AIR

Setengah Air adalah istilah yang populer di kalangan pemancing air tawar atau lebih tepatnya kolam atau empang, yaitu kondisi di mana ikan tidak bermain di dasar kolam (mengambang) atau malah muncul di permukaan. Hal ini tentunya mengesalkan, karena ikan mas tidak akan pernah memakan umpan yang dipasang pada kail, karena umpan berada di dasar kolam.

Jika kolam pemancingan cukup jernih airnya, maka kita dapat mudah menentukan apakah ikan sedang setengah air atau kondisi normal. Hal ini dikarenakan ikan atau gerombolan ikan terlihat bergerak atau berenang di permukaan. Namun jika airnya memiliki kekeruhan tinggi atau malah berwarna hijau, cara ini tidak efektif.

Cara terbaik untuk memastikan kondisi ikan mas sedang setengah air adalah dengan memperhatikan ikan atau gerombolan ikan mujair. Ikan ini biasanya selalu ada di kolam pemancingan ikan mas di manapun, karena termasuk survivor (dapat mudah hidup dan berkembang biak di banyak jenis kolam/empang). Jika ikan ini banyak muncul di permukaan, maka dapat dipastikan bahwa kondisi di dasar air cukup dingin yang memaksa ikan mas hanya berenang setengah air dan selalu berpindah. Biasanya terjadi pada hari di mana tidak ada panas dan hari atau malam sebelumnya turun hujan.

Ikan mas dapat hidup di kedalaman hingga 1,5 meter jika kondisi airnya cukup hangat, namun dalam keadaan dingin, mereka akan berenang setengah air dan selalu berpindah untuk mencari tempat yang lebih hangat. Jadi sangat tipis harapan untuk ikan dapat memakan umpan yang anda lempar.

Ada beberapa trik yang dipakai pemancing untuk mengakali hal tersebut, yaitu:
  • Mengganti pelampung yang lebih besar atau memiliki daya apung kuat, hal ini perlu dilakukan untuk dapat mengangkat umpan yang dipasang pada kail agak terangkat (berada di pertengahan antara dasar dan permukaan. Tentu saja jarak pelampung dengan umpan perlu didekatkan. Meski umpan dapat dimakan atau kail tersangkut pada ikan, namun hal ini cukup merepotkan, karena bila ada angin, pelampung akan terbawa yang menyebabkan umpan kita ikut bergeser. Jadi kita akan sering menarik untuk melempar kembali umpan tersebut bila sedang mengikuti lomba (pelampung lari ke wilayah/lapak orang lain.

  • Cara kedua adalah dengan mengganti kail yang lebih kecil (biasa untuk mancing mujair), juga umpannya diperkecil dan jangan memakai timah pemberat atau rangkaian kail yang menggunakan swivel atau kili-kili. Hai ini dimaksudkan agar umpan dapat melayang dan tidak tenggelam. Karena pada kondisi dasar air yang dingin, air dingin memiliki berat jenis lebih berat dibandingkan air yang hangat, sehingga umpan yang kecil dapat melayang. Kelemahannya adalah kesulitan dalam melempar umpan ke tempat yang diinginkan karena terlalu ringan.

  • Cara terakhir adalah dengan menggunakan rangkaian mata kail yang memiliki mata kail lebih dari satu, bisa 2, 3 atau 4 dan tetap menggunakan pelampung. Bila anda hanya memiliki rangkaian mata kail 2, gunakan 2 rangkaian yang disatukan. Tidak perlu memakai umpan, cukup gulungan kecil tanah liat dipasang pada kili-kili kemudian lemparkan pada tempat yang diperkirakan ikan setengah air tadi bergerombol. Jika pelampung bergerak atau bergoyang seperti benang tertabrak, langsung digentak. Hal ini jauh lebih efektif, yaitu dengan menggaet ikan atau istilahnya "menyengget". Meski di beberapa tempat pemancingan ikan lomba melarang untuk menyengget, namun jika kondisi ikan sedang setengah air, biasanya penyelenggara mengijinkan dan menganggap sah bila ada ikan berhadiah atau ikan besar yang tersangkut.

Kalau dapat memilih, maka pilihlah kondisi cuaca sedang cerah atau memilik panas yang cukup. Jika sedang hujanpun tidak mengapa, hanya agak repot saja jika memancing di saat hujan. Yang dapat membuat ikan mas setengah air adalah udara dingin yang berkelanjutan. Jadi... Selamat memancing..!!

0 Comments:

Poskan Komentar

<< Home


Islamic Calendar Widgets by Alhabib
Free Hijri Date

Kecantikan seseorang harus dilihat dari matanya, karena itulah pintu hatinya - tempat dimana cinta itu ada.